Obat Batuk…Top Markotop

February 2, 2012 at 9:40 am Leave a comment

Sudah hampir seminggu ini saya didera *halah, lebay :p* batuk dan pilek yang menyiksa. Tepatnya sih sebenarnya annoying.  Pasti semua sudah pernah lah kena batuk + pilek ya? Hidung meler, tenggorokan kering & gatal (pengen garuk kok susah?), susah tidur karena sebentar-sebentar harus uhuk-uhuk batuk… Yang paling susah kalau pas batuk+pilek gak boleh minum obat pula.

Itu yang terjadi pada saya.

Berhubung saya sedang berbadan dua *deuh, bahasa saya jadul amat* Pak Dokter tidak menyarankan saya minum obat batuk. Beliau hanya memberi sekeping permen strepsil dan sebotol tetes hidung untuk membantu melegakan pernapasan ditambah wejangan untuk banyak istirahat. Inggih, Pak Dokter.

Tapi yang namanya batuk bandel, mana mempan hanya dengan permen strepsil. Tiga malam lalu saya nyaris tidak bisa tidur semalaman gara-gara batuk-batuk melulu. Suami juga ikut jadi korban tidak bisa tidur pulas, padahal esoknya dia harus bangun pagi untuk bekerja. Ugh, menyebalkan deh pokoknya.

Kemudian saya teringat seorang teman yang memang malas minum obat pernah bilang pada saya, kalau dia batuk paling mantap itu minum perasan jeruk nipis dikasi kecap. Saya cek lemari es…gak ada jeruk nipis (memang di UB gak ada yang jual jeruk nipis juga, hehehe…) tapi masih ada sebuah jeruk lemon. Aha!! Kalau pepatah bilang “Tiada rotan, akar pun jadi” saya bilang “Tiada jeruk nipis, jeruk lemon pun jadi…” Jadilah saya membuat ramuan obat batuk a la kepepet: perasan jeruk lemon plus kecap manis. Dan berhubung lemon itu kecut sangat, saya beri sedikit garam di ramuan obat batuk saya. Sebuah jeruk lemon mana cukup lah ya…jadi hari Selasa lalu saya pesan pada suami untuk membelikan saya beberapa jeruk lemon lagi. Kemarin ibu tetangga saya yang baik hati menyumbangkan seplastik lemon juga…cukup untuk stok beberapa hari.

Begitulah…sudah 3 hari ini saya mengkonsumsi ramuan obat batuk itu tiap kali tenggorokan terasa gatal. Untuk variasi saya juga membuat ramuan perasan lemon + madu + air hangat. Dan syukurlah, batuk yang saya derita sekarang sudah jauhhh…berkurang, dan saya pun bisa tidur lebih enak.

Tadinya saya pikir khasiat lemon untuk menyembuhkan batuk itu hanya sugesti. Tapi ternyata setelah saya konsultasi dengan Om Google, memang lemon berkhasiat menyembuhkan flu. Selain kandungan vitamin C –nya mampu meningkatkan daya tahan tubuh, lemon juga mengandung antivirus yang mencegah virus berkembang biak. Khasiat lain dari lemon bisa dibaca di sini.

Oalah…ternyata begitu tho ceritanya.  Anyway, thanks ya Lemon….sudah membantu diriku berperang melawan batuk. Untuk yang sedang mencari-cari alternatif obat batuk, semoga postingan ini berguna ya🙂

Lemon, madu, garam, kecap...untuk obat batuk.

 

Entry filed under: Health. Tags: .

Tinggal di Negeri Chinggis Khaan Bule Lidah Indon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories


%d bloggers like this: