Suatu Siang di Café Mahasiswa

September 20, 2010 at 6:58 am 6 comments

 

Siang ini saya mampir ke sebuah café mahasiswa UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) yang dinamakan Garden Café. Iseng aja sih…mumpung mumpung tu café percis di seberang hotel UNY tempat saya menginap. Tempatnya cukup cozy, ada kursi & meja di dalam dan ada juga kursi&meja yg dibuat dari ban mobil bekas yang diletakkan di luar café. Pilihan menunya juga lumayan… dan murah meriah! Secara harga mahasiswa ya bok…

Siang ini cukup banyak pengunjung yang datang ke Garden Café. Sesudah memesan sepiring lotek dan segelas es jeruk, saya memilih tempat di luar. Saya kemudian duduk dan mulai mengobservasi sekeliling saya. Karena meja-kursi saling berdekatan, otomatis saya juga bisa mencuri dengar obrolan anak-anak mahasiswa di sekeliling saya.

Oh, I was feeling odd and old… anak-anak mahasiswa sekarang yang diomongin gak jauh-jauh dari  soal social networking seperti facebook dan twitter. Sambil duduk, mereka sibuk ngomongin soal status facebook si anu atau comment si itu terhadap status facebook si anu.

Yang sangat mencolok juga, hampir setiap pengunjung café itu (yang saya taksir semua mahasiswa, kecuali saya tentunya, hehehe…) membawa laptop atau notebook dan sibuk browsing internet, update status di facebook, dll dengan memanfaatkan fasilitas internet hotspot yang disediakan oleh pengelola café. Banyak juga yang browsing internet sambil merokok, satu cowok di meja sebelah dengan santai menghembuskan asap rokoknya ke arah saya….ugh!

Jujur, saya jadi merasa ada gap yang sangat besar antara ketika saya masih kuliah dan jaman sekarang. Jaman saya kuliah dulu, nobody brought a laptop or notebook everywhere like they do today. Well, yeah… selain harga laptop masih aujubilah muahalnya pada jaman itu, gak terjangkau kocek mahasiswa, internet juga belum semarak sekarang. Kalau mau internetan ya ke warnet ajah. Facebook dan twitter masih belom ada juga.  

Saya juga merasa sedikit miris karena anak muda jaman sekarang lebih senang berkomunikasi dengan gadget mereka ketimbang ngobrol ngalur-ngidul dengan teman yang duduk di samping atau di depan mereka. Sungguh, suasananya sudah sangat lain. Kalau jaman dulu ya kita ngobrol, cekakakan, saling melempar jokes, atau ngobrolin tentang dosen kek…mata kuliah kek…cowok inceran kek (suitt…suitt…! Hahahaha…)

Pun untuk beberapa orang yang saat itu gak pegang laptop atau notebook atau blackberry, saya tidak begitu mendengar komunikasi yang intensif…atau cekakakan yang gak jelas seperti jaman saya dulu kalau sedang nongkrong bareng teman-teman. Tampaknya generasi sekarang lebih terhibur dengan dunia internet daripada saling meng-entertain satu sama lain. Oh, do I sound so 1990? Hahahaha…

Saya menduga-duga bagaimana jadinya perkembangan kemampuan komunikasi dan interaksi secara langsung, face to face, antar manusia di jaman serba internet ini untuk generasi muda jaman sekarang. Banyak juga lho yang lebih nyaman sms-an dengan teman di depannya ketimbang ngomong langsung tentang apa yang sedang dirasakan. Aneh ya?

Well, itu masih generasi muda di tahun 2010…gak tau kalau sudah generasi anak-anak saya kelak, 20 tahun ke depan…

Entry filed under: Sharing. Tags: .

My Clumsy Day… My Brothers

6 Comments Add your own

  • 1. si oom as varioputiih  |  April 13, 2011 at 3:34 am

    Ugh, cukup mahal buat saya😦 (mahasiswa kere :mrgreen:)
    Tapi terbayar sama suasananya🙂

    salam kenal tante🙂

    Reply
    • 2. yeniunique  |  April 23, 2011 at 11:15 am

      hahaha….gpp kere pas masih mahasiswa. yang penting one day you’re gonna be a successful person🙂
      Salam kenal balik Nak :p

      Reply
  • 3. Dya Ragil  |  October 28, 2011 at 6:55 am

    Ahahaha … kalau boleh jujur sih, garden cafe itu masih termasuk mahal buat sebagian besar mahasiswa UNY, mending ke kantin pondokan yang letaknya gak jauh dari GC, cuma tinggal nyeberang jalan, itu baru harga mahasiswa….

    Yah, wajar sih kalau di tempat yang tersedia hotspotannya itu (apalagi yang namanya kafe) banyak mahasiswa yang memanfaatkan buat browsing (kan sayang kalau fasilitas hotspotan itu gak dimanfaatin, apalagi gratis)

    Tapi, kalau Mbak ngeceknya ke kantin2 macam kantin pondokan atau kantin laboratorium atau kantin2 lain atau taman kuliner (letaknya dekat fakultas ekonomi) yang notabene lebih banyak anak-anak UNY ngumpul, pasti obrolannya gak jauh2 dari nggosipin dosen, ngomongin organisasi, atau nyumpah2in mata kuliah yang gak tergolong favorit (baca: makul yang susahnya minta ampun) … tapi, iya sih, jaman sekarang memang interaksinya udah beda banget dibanding dulu *kangen masa-masa awal kuliah, pas laptop belum menjamur kayak sekarang*

    Reply
    • 4. yeniunique  |  November 21, 2011 at 3:55 pm

      Hi Dya…
      Hihihi, untuk ukuran saya yang lama tinggal di Papua (abis dari Jogja), harga makanan di Garden Cafe UNY udah murah bangettttt. Saya jaman mahasiswa dulu sih makannya di sekitar kampus USD, Mrican…kayak warung Texas yg posisinya nyempil di gang sempit tapi selalu laris manis (jadi inget waktu itu punya uang seribu perak udah bisa makan nasi + sayur + tempe goreng, supaya lebih enak minta ditambahin kuah sambal ati-rempelo, hehehe).

      Reply
  • 5. pungky  |  April 9, 2012 at 3:05 am

    Twitter, Facebook, & BBM, merengkuh yg jauh, menjauhkan yg dekat…

    Reply
    • 6. yeniunique  |  April 27, 2012 at 1:56 pm

      Bener banged tuh Pungky…

      Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories


