Makan, Ga Takut Gemuk

April 7, 2010 at 1:23 am 2 comments

Hari Minggu siang tiga hari lalu, saya dan suami diundang untuk Easter Lunch di rumah couple yang berasal dari Afrika Selatan. Nyonya rumah sedang hamil 5 bulan, menginjak bulan ke-6. Perutnya doang yang makin membuncit, tapi secara keseluruhan dia tidak mengalami penambahan berat badan yang berlebih. Kandungannya juga sehat-sehat saja. Pertumbuhan janin normal (kata dokternya sih…)

Saya tanya, “Apa sih rahasianya…?” (banyak juga ibu hamil yang bobotnya langsung melambung soalnya…)

Dia bilang, makan dalam porsi sedikit tapi sering. Dia punya kebiasaan makan 6x sehari. Pagi diawali dengan makan ‘porridge’ alias bubur. Beberapa jam kemudian makan lagi yang lain, biasanya kata dia buah. Siang makan lumayan besar. Sore makan buah lagi. Malam biasanya gak makan besar (karena masih kenyang seharian perut udah diisi terus). Dengan cara demikian, dia bisa menjaga bobot tubuh sekalipun sedang hamil. Nutrisi untuk bayinya juga tetap bisa terpenuhi. Dia juga banyak minum air putih, minimal 6 – 8 gelas per hari.

Hmm, sebenarnya sih itu bukan rahasia luar biasa sih. Kita juga udah tau ya kalau makan dalam porsi sedikit tapi sering jauh lebih baik daripada jarang makan tapi sekali makan porsinya besar? Cuman, teori memang gampang; prakteknya yang susah :p

Pasangan itu juga punya tips lain untuk mengerem laju makan, terutama kalau makanannya berkalori tinggi (seperti menu siang itu, lasagna yg kaya keju dan daging giling). Orang asing itu kan budayanya makan menggunakan garpu dan pisau; garpu dipegang tangan kiri, pisau dipegang tangan kanan (untuk right-handed alias kidal), atau kebalikannya untuk orang left-handed. Nah, mereka berdua ini right-handed people. Dan ketika makan, mereka memegang pisau dg tangan kiri dan garpu dg tangan kanan. Cara demikian bisa mengerem laju makanan masuk ke mulut, daaannn…rasa makanan juga bisa lebih dinikmati karena makan lebih pelan. Coba aja… susah lho memotong dengan tangan kiri, untuk kita yg non-kidal. Saya sempat mencoba trik itu sebentar, tapi kemudian balik lagi…memegang pisau dengan tangan kanan, hehehehe…

Jadi, untuk yang pengen menjaga berat badan (atau mungkin menurunkan berat badan), gak perlu diet ketat sampai gak makan. Makan dalam porsi kecil sampai 6 kali dan trik makan pasangan South Afrika itu patut dicoba.  

Good luck🙂

Entry filed under: Health. Tags: .

Titip Kado Ultah Lewat Sinterklas Cuti Kerja, Cuti Ngeblog

2 Comments Add your own

  • 1. eka  |  December 18, 2011 at 7:46 pm

    sebenarnya diet 2 hari selama seminggu rutin lebih efektif daripada diet setiap hari, tips ini patut di coba

    Reply
    • 2. yeniunique  |  December 20, 2011 at 5:27 am

      Eka: selamat mencoba🙂

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories


%d bloggers like this: