ayam rica-rica

January 30, 2010 at 2:29 pm 2 comments

sudah lama suami minta saya untuk memasak ayam rica-rica. secara, dia doyan banget masakan indo yang puedes. ayam rica-rica termasuk favorit doi. tapiii…sebelum-sebelumnya saya selalu mengelak dan bilang bahwa bumbunya ribet lah… bahannya susah dicari lah…[padahal cuma gak pe-de masaknya… tar kalo gak sukses gimana?]

sudah lama juga saya browsing resep ayam rica-rica dan mengoleksi beberapa resep masakan khas menado tsb dari berbagai sumber. favorit saya resepnya kang rudy choiruddin. soalnya tampak mudah *halah, sok!*

bahannya: 1 ekor ayam dipotong 16 bagian (sebenarnya sih potong sesuai selera ajah); 2 batang serai dimemarkan; 6 butir bawang merah dirajang; 1 lembar daun pandan (saya rajang halus – walopun resepnya gak bilang kudu dirajang :p); 5 lembar daun jeruk; 50 ml minyak goreng; 150 ml air; 1 buah jeruk nipis.

udah? belommm… masih ada bumbu yang dihaluskan (gak usah halus banget): 12 buah cabe merah; 10 buah cabe rawit merah; 7 siung bawang putih; dan 4 cm jahe. oia, jangan lupa dikasi garam dikit saat mengulek bumbunya.

resep kang rudy saya modifikasi dikit…saya tambahkan 1 lembar daun kunyit yg dirajang halus (terlanjur beli soalnya… jadi rugi kalo gak dipake :p), 1 buah tomat merah yg dihaluskan bersama bumbu lain, dan sedikit gula pasir (kira-kira 1 sendok teh).

cara memasaknya: tumis bawang merah, serai dan daun pandan (plus daun kunyit), aduk-aduk hingga harum. Masukkan bumbu yang dihaluskan dan daun jeruk, aduk hingga harum. Masukkan ayam, aduk hingga ayam berubah warnanya, tambahkan air, kecilkan api dan tutup. diungkep hingga airnya agak  mengering sambil sesekali diaduk-aduk. angkat. tambahkan air jeruk nipis, aduk hingga rata.

pas masak, wanginya langsung  menyebar ke seluruh ruangan lho… uenak banget gitu aromanya. mungkin karena pake irisan daun pandan tadi. begitu matang, icip dikit…hmmm…nyammm…

langsung laperr…. jadilah lauk makan malam kita ayam rica-rica. suami makannya nambah lho… enak banget katanya🙂

yang demen makan yang pedes, resep ini patut dicoba. gampang banget kok…. dan yang penting rasanya YUMMY!

*foto dipinjem dari sini

Entry filed under: Cooking World. Tags: .

I Matter Apricot & Almond Slice — yummy!

2 Comments Add your own

  • 1. Isye Scott  |  February 6, 2010 at 7:54 pm

    Da lama jg nich, nggak makan Ayam Rica-rica.
    Mungkin pas makan nanti, pasti kepedesan Habis da 2 thn lebih nggak pernah makan pake rica/cabe. Padahal biasanya tiap hari selalu pake cabe, malahan dulu cabenya aku makan kayak snack. makan cabe doang. Heeeemmm
    Gimana ya nanti, kalau pas pulang, trus ibu masak Ayam Rica-rica.

    Reply
    • 2. yeniunique  |  February 7, 2010 at 11:55 pm

      Hahaha…kalo Manado memang biasanya cabe dijadikan cemilan :p. Yep, aku pertama kali dateng ke Tpra terkaget2 melihat hidangan pisang goreng yang disajikan dg sambal. Tapi enak juga ternyata…

      Don’t worry say… resep yg kutulis di sini gak pedes-pedes amat. Cabenya juga dikurangin aja biar masih bisa dimakan. I like Manado food a lot! Pulang kemaren sama ibuku masak Ayam Tuturuga. Enak juga loh…:)

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories


%d bloggers like this: