nikmatnya jadi guru

November 26, 2009 at 1:09 pm Leave a comment

tidak terasa udah lumayan lama saya menyandang status sebagai cik gu, alias ibu guru. sudah satu dasawarsa terakhir.

pengalaman pertama mengajar waktu masih di bangku kuliah dulu… semester 2… memberi les bahasa inggris untuk 2 orang anak SD. padahal rumah mereka lumayan jauh dari jogja kota…sekitar 1 jam naik sepeda motor…tapi dibela-belain didatangin juga. honornya??? tidak seberapa.

itu sekitar 10 tahun yang lalu.

pertama kali muncul niat untuk mengajar sebenarnya gara-gara saya frustrasi dengan bahasa inggris di semester awal kuliah. kayaknya kok susah banget gitu loh… secara jaman sma kalau pelajaran bhs inggris saya lebih sering baca novel di bangku belakang (terutama kalau yang ngajar sr. ursulla :p). begitu mencebur di dunia bhs inggris di masa kuliah, mau tidak mau saya harus mem-bisa-kan diri. caranya?? dengan mengajar bhs. inggris untuk orang lain. idenya sederhana… kalau kita mau mengajar orang lain, kita kan harus bisa dulu, iya gak?

mulai semester 4 semakin berani (a.k.a. nekat) untuk mengajar dengan melamar menjadi pengajar di dua kursusan bhs inggris di jogja. nama kursusannya ‘medita english course’ dan ‘prima learning center’. selain dilatari niat pengen lebih bisa bhs inggris, juga karena tuntutan ekonomi sih…saya perlu kerja paruh waktu untuk menambah uang saku. yang paling gampang untuk saya ya mengajar. apalagi kursusan bhs inggris di jogja amat menjamur yang memerlukan tenaga pengajar.

di semester 7 & 8 saya nyaris melupakan skripsi gara-gara keasyikan mengajar (baik di kursusan maupun les privat) dan keenakan dapat honor dari mengajar.

eniwei… lulus kuliah sampai sekarang kerjaan saya juga lebih banyak berhubungan dengan bidang pengajaran. sejak tahun 2003, saya bekerja di bagian language & literacy di satu perusahaan tambang di papua, dengan tugas mengajar bhs. inggris untuk karyawan nasional, bhs. indonesia untuk karyawan asing, dan beberapa programyang berhubungan dg language & literacy lainnya.

walaupun dua tahun terakhir sudah jarang mengajar di kelas, tapi sesekali masih senang juga sesekali pegang kelas.

kadang ada juga yg nanya… apa sih enaknya mengajar?

jawabannya: nikmat banget!

mengajar itu berarti bertemu dengan banyak orang. selalu ada dinamika yang berbeda di kelas. membuat otak tetap terasah dan ditantang untuk selalu kreatif dalam menyajikan kelas yang fun. dan rasanya seneng tidak ketulungan kalau siswa yang diajar menjadi lebih pintar. mengajar juga jadi hiburan buat saya. trus…kesempatan untuk cuci mata juga ada (kalo di kelas ada siswa yang cakep, hehehe…). eh iya, yang saya maksudkan adalah mengajar untuk peserta dewasa seperti yang saya lakoni sekarang ya…

mungkin sampai kapanpun saya akan tetap cinta mengajar. i love being a teacher. kalaupun sudah tidak bekerja lagi seperti sekarang, paling tidak kelak saya masih bisa menjadi guru untuk anak-anak saya🙂

Entry filed under: Work World. Tags: .

La Buona Vita a la Indonesia nasihat buat anak perempuan

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories


