Hasil MCU

October 5, 2009 at 5:11 am 5 comments

Pagi tadi, saya bela-belain ke rumah sakit untuk bertemu dokter. Buat apa? Ya buat konsultasi hasil medical check up saya minggu lalu.

Kalau tahun-tahun sebelumnya sih, konsultasi hasil itu dilakukan hari yang sama dengan jadwal MCU. Sekarang, katanya hasil akan dikirim ke Departemen masing-masing, alias gak ketemu dokter lagi untuk dijelaskan hasilnya. Gara-garanya, orang yang ikut MCU perharinya terlalu banyak, jadi dokternya agak kewalahan, gitu…

Lah, buat saya orang awam begini, mana ngerti istilah-istilah kedokteran yang dicantumkan di kertas hasil MCU itu. Dan buat saya, lebih nyaman kalau bertemu dokter langsung, sekalian bisa tanya-tanya informasi yang diperlukan.

Petugas rumah sakit bagian MCU kayaknya agak heran, kok saya ngotot pengen konsultasi dokter. Dia bilang, “Loh mbak, kan hasilnya akan diambil oleh admin masing-masing…” (Yee, admin kan bukan dokter yang bisa jelasin, mas…)

Anyway, akhirnya saya bisa juga konsul hasil tsb. Dokter yang memberi penjelasan pada saya namanya Dr. Indah. Orangnya ramah dan sabar menghadapi pertanyaan-pertanyaan saya. (Bahkan untuk pertanyaan di luar hasil check up, hehehe…)

Hasil yang perlu saya catat dari MCU, khususnya untuk tes darah adalah: fungsi hati normal, fungsi ginjal normal, gula darah normal, asam urat juga kadarnya masih normal. Dan yang paling membuat saya bersorak kegirangan adalah: kadar kolesterol saya tahun ini juga normal, di bawah 200!! Horee…horeee…!! Ini adalah pemecah rekor selama saya bekerja di Freeport Papua. Sebelumnya, dari 5 kali MCU berturut-turut, kolesterol saya selalu di atas 200, bahkan sempat dianjurkan untuk diet rendah lemak segala.

Oia, berkat konsultasi tadi, saya juga jadi tahu apa yang dimaksud dengan beberapa istilah aneh, seperti Alanine aminotransferase (fungsi hati) dan Creatinine (fungsi ginjal). Coba…kalau saya hanya terima hasilnya saja dan gak ketemu dokter, mana tau saya istilah-istilah itu artinya apa… Iya gak?

Entry filed under: Health. Tags: .

Untuk Kita Renungkan H-2

5 Comments Add your own

  • 1. beny  |  November 22, 2009 at 8:10 pm

    :/

    Reply
  • 2. beny  |  November 22, 2009 at 8:14 pm

    :)kak pri skrg ad dmn

    Reply
    • 3. yeniunique  |  November 22, 2009 at 11:43 pm

      pri sekarang ada di jogja, lagi kuliah di UPN, jurusan pertambangan. kamu dimana sekarang?

      Reply
  • 4. beny  |  November 24, 2009 at 5:38 am

    sekarang aku kerja di pertambangan bauxite dan biji besi di daerah kendawangan.natalan nanti di mana kak

    Reply
    • 5. yeniunique  |  November 26, 2009 at 12:31 pm

      oh…sekarang di daerah kendawangan ada tambang bauxite toh? pantesan kamu udah bisa internetan, hehehehe….
      kakak natalan??? hmmm, ada dehhh…:-)

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories


%d bloggers like this: