Cara Jitu Tangkis Flu

September 26, 2009 at 6:15 am 2 comments

Selain sebagai “melting pot” alias tempat bertemu & berkumpulnya orang dari berbagai belahan bumi, Tembagapura juga sangat berpotensi sebagai tempat “ngumpul” berbagai virus flu. Bagi saya sendiri, rekam medis saya periode 2003 – 2006 didominasi kasus flu. Minimal 6 bulan sekali saya terserang flu. Padahal sebelumnya jarang tuh saya sakit.

Terkena flu pastinya sangat tidak mengenakkan. Apalagi di daerah dingin seperti Tembagapura, kalau sudah terserang flu biasanya lama sembuhnya. Lebih parah lagi kalau sudah dibarengi batuk yang mengakibatkan tenggorokan meradang. Kalau sudah kena radang tenggorokan, paling dokternya memberi antibiotic. Padahal konon sering mengkonsumsi antibiotic juga gak bagus buat kesehatan.  

Setahun belakangan ini sudah sangat jarang terserang flu ato batuk. Thanks to my hubby yang mengenalkan beberapa jurus penangkal flu. Kuncinya jangan membiarkan flu sampai “jadi”. Begitu sudah ada gejala yang biasanya diawali dengan bersin-bersin, langsung kudu dilawan.

Beberapa tips berikut mungkin berguna buat yang sering terserang flu:

  1. Menggunakan larutan garam untuk ‘membilas’ saluran hidung. Caranya: ambil air suam-suam kuku, jangan terlalu panas (air dengan suhu ruangan juga boleh, asalkan matang). Larutkan garam secukupnya, tidak perlu terlalu asin. Untuk ‘membilas’ saluran hidung, larutan garam tsb. bisa langsung dihirup dengan hidung. Lebih gampang dengan menggunakan ‘syringe’ (semacam alat injeksi atau semprotan) untuk menyemprotkan larutan garam tsb. ke dalam hidung. Larutan garam sangat efektif untuk membantu pengeluaran cairan yang biasanya menyumbat saluran hidung. Efeknya ya melegakan pernapasan. Gunakan larutan garam 2x sehari (pagi dan sore/malam).
  2. Minum teh panas yang dicampur madu, jahe, dan jeruk nipis. Kalau ada, doyan dan boleh, teh-madu-jahe-jeruk nipis tsb. bisa dicampur sedikit wiski.
  3. Makan sup ayam yang dimasak dengan banyak merica, bawang putih dan seledri.
  4. Jangan lupa, tidur yang cukup!
  5. Oiya, kalau mau bisa juga mengunyah bawang putih mentah. Khusus tips terakhir ini, selain efektif menangkal serangan flu, juga efektif membuat pasangan anda ogah untuk dekat-dekat, hahahahaha….

Jurus-jurus di atas sangat membantu lho… sekaligus menurunkan ketergantungan terhadap obat-obat buatan pabrik. Kalaupun harus minum obat, paling banter cuman panadol cold & flu doang, ditambah paracetamol kalo badan meriang.

Yang sering saya praktekkan adalah #1 – 4. Untuk #5 saya masih gak kuat efek sampingnya, hehehe…

Entry filed under: Health. Tags: .

Stereotype Sampah Kertas VS Paper-Addict

2 Comments Add your own

  • 1. Gita  |  October 1, 2009 at 1:27 am

    satu lagi Nieq, kalo gw baca di detikhealth kemaren katanya jangan sering2 menyentuh muka dengan tangan…biar nggak cepet flu…

    Reply
    • 2. yeniunique  |  October 1, 2009 at 7:24 am

      Thanks Git… emang secara gak sengaja kita sering banget menyentuh wajah (dan hidung). Padahal gak tau bakteri apa aja yg udah nempel di tangan. Hmmm….kudu dinget-inget nih sarannya jangan sering2 menyentuh muka🙂

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories


%d bloggers like this: