Roti Jala & Tape Ketan Ijo

September 21, 2009 at 1:01 am Leave a comment

Yang paling menyenangkan dari acara lebaran di Tembagapura bagi saya yang non-muslim, tentu saja kesempatan mencicipi berbagai makanan khas yang baru ‘muncul’ di hari lebaran. Rata-rata keluarga yang merayakan lebaran namun tidak bisa cuti, mengadakan ‘Open House’ di jobsite. Siap-siap membawa perut kosong saat bersilaturahmi, karena pasti akan tergoda untuk minimal icip-icip hidangan lebaran di setiap rumah yang dikunjungi.

Seperti kemarin. Dalam kunjungan ke beberapa teman, kami mendapati hidangan khas, seperti roti jala yang dimakan dengan kare sapi, mpek-mpek Palembang, sate ayam, cumi bakar, juga ada kue-kue tradisional semacam kembang goyang dan tape ketan ijo. Semua enak. Semua  menggoda untuk dicoba.

Setelah kunjungan di rumah ketiga, rasanya perut sudah tidak ada space kosong lagi untuk menampung makanan. Entah berapa jenis makanan yang sudah masuk.

Pulang dari silaturahmi, saya jadi berandai-andai… jika saja keanekaragaman yang bisa disajikan berdampingan dengan harmoni bukan hanya hidangan lebaran. Jika saja semua umat dengan agama berbeda-beda bisa selalu hidup rukun dan damai, serta menempatkan satu sama lain dalam tataran setara. Jika saja semua bisa saling berbaur, seperti roti jala yang bisa dicampur dengan mpek-mpek Palembang, atau ketan ijo yang bisa dikombinasikan dengan getuk singkong. Ah, alangkah indahnya jika kebersamaan semacam itu bisa senantiasa terwujud di bumi Indonesia ini.

Untuk semua yang merayakan… Selamat Hari Idul Fitri 1430H. Minal Aidin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin.

Entry filed under: Miscellaneous. Tags: .

Rainbow Family Stereotype

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories


%d bloggers like this: