Menjelang MCU

September 15, 2009 at 1:18 am Leave a comment

Kemarin siang, saya dapat e-mail cinta-rutin-tahunan dari admin. Yang berisi surat pengantar Annual Medical Check Up (MCU) untuk tanggal 2 October 2009 nanti.

Apa?? Sudah harus medical check up lagi? Perasaan belum lama deh saya MCU. [Iya Niq, terakhir kamu MCU tuh October 2008 :-p]

Uhh…saya sebenarnya agak alergi dengan yang namanya MCU. Bukan soal prosesnya, tapi result-nya. Yang membuat saya agak-agak tidak percaya diri adalah masalah KOLESTEROL.

Dari hasil MCU tahun 2005 diketahui bahwa kadar kolesterol saya mencapai angka 250. Oleh dokter, saya disarankan untuk diet rendah lemak dan banyak olahraga. Angka 250 itu cukup membuat kening beberapa orang berkerut. Dengan nada kurang percaya, mereka bilang, “Masa sih bodi kecil kayak kamu kolesterol-nya tinggi?”.

Yeee…kolesterol gak hanya tergantung dari berat badan kaleeee… Untuk kasus saya, pola makan jelas sangat berpengaruh. Dan di messhall karyawan tercinta, menu ‘normal’ setiap hari berkisar di seputaran daging, telur, makanan bersantan. Yaa, kadang suka ada juga salad sayuran dan buah segar sih… Tapi, seringnya gak membuat berselera.

MCU tahun 2006, kolesterol turun dikit, tapi masih di atas angka 200. Kalau gak salah sih sekitar 230 gitu. Tahun 2007, turun lagi menjadi sekitar 220an. Terakhir di tahun 2008 menjadi 213. Lumayannn…

Nah, menjelang MCU tahun 2009 ini saya agak fobia lagi dengan angka kolesterol. Pasalnya, kemarin sesudah saya makan buntut sapi, rasanya kok agak ‘nggeliyeng’ gitu…Kayaknya merupakan salah satu indikasi kolesterol naik deh. Apalagi dalam dua bulan terakhir ini, suplai sayuran dan buah segar di messhall termasuk langka. Jadi, konsumsi sehari-hari (mau tidak mau) ya telur, daging dan ikan. Diet yang miskin serat.

Duh, mudah-mudahan hasil MCU saya besok baik-baik saja. Gak enak tau kalau harus diet macam-macam…

Entry filed under: Health. Tags: .

Salah Sambung Tentang Kolesterol

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories


%d bloggers like this: