Lucky…

July 3, 2009 at 3:55 am 3 comments

Seringkali kita mendengar atau bahkan ngomong…”Wah, si anu beruntung banget yach…udah suaminya kaya, ganteng pula!”. Atau, “Untung banget deh dia bisa keterima kerja di perusahaan sebonafid itu…”. Atau yang paling klasik, misalnya ada tabrakan…kalau kendaraannya lecet dikit tapi penumpangnya ga pa-pa pasti bilangnya “Untung cuma kendaraannya yang lecet”. Kalau mobilnya penyok dan penumpangnya luka parah tapi masih hidup, bilangnya “Untung penumpangnya gak meninggal”. Memang sebenarnya jadi orang Indonesia itu paling enak, karena apa-apa masih untung…:-)

Sama seperti pagi ini ketika saya memberikan test TOEFL. Dari 12 peserta, 6 diantaranya adalah siswa-siswi TOMAWIN* yang baru lulus SMP dan sedang dipersiapkan untuk dikirim ke Australia untuk melanjutkan study-nya.

Dalam hati saya bilang, “Beruntung sekali adik-adik ini, udah sekolahnya gratis, dapat kesempatan sekolah di luar negeri pula!” Dan langsung berandai-andai…coba di kampung halamanku sana ada perusahaan besar juga yang bisa memfasilitasi sekolah gratis dan beasiswa ke luar negeri…hmmm…

Tapi wait…benarkah bahwa semuanya itu hanya perkara keberuntungan belaka? Kalau suamiku punya rumusan sendiri tentang apa itu luck. Menurut dia: LUCK IS WHEN PREPARATION MEETS OPPORTUNITY

Jadi menurut dia, gak ada tuh yang namanya cuman beruntung doang… Jadi kalau dianalisis dari rumusan dia, orang bisa dapat suami kaya dan ganteng itu karena ada opportunity cowok ganteng dan si cewek udah prepared juga dengan mungkin merawat diri supaya terlihat cantik, dsb. Kalau ada orang bisa dapet gaji tinggi karena bekerja di perusahaan besar itu karena ada usahanya dia untuk mendapatkan pekerjaan itu dan ada posisi lowong. Kalaupun ada kasus mewarisi perusahaan bokapnya, toh tetep ada preparation juga… dari bokapnya. Siswa-siswi TOMAWIN yang mungkin nanti akan sekolah di luar itu karena ada opportunity dari perusahaan, tapi dari mereka juga harus tetap ada preparation dengan minimal kemampuan Bahasa Inggris yang memadai.

Jadi kalau dipikir-pikir, benar juga rumusan “Luck is when Preparation Meets Opportunity” itu…

Nah, kalau kasusnya tabrakan? Itu sih sebenarnya gak bisa dibilang ‘untung’, biar lecet sekecil apapun tetap aja namanya ‘buntung’, hehehehe…

 

Catatan:

* Tomawin adalah nama asrama di Tembagapura yang dibangun dan diperuntukkan bagi putra daerah yang berasal dari sekitar perusahaan.

Entry filed under: Sharing. Tags: .

Mango–Banana Smoothie Ladies Night

3 Comments Add your own

  • 1. niningsyafitri  |  December 28, 2010 at 2:14 pm

    Iya. Keberuntungan itu karena ada persiapan dan kesempatan…
    Seandainy bisa kayak anak2 itu, bs beljr ke luar negeri… -_-

    Oh, iya mba. Salam kenal yah dari Buton…

    Reply
  • 2. niningsyafitri  |  December 28, 2010 at 2:16 pm

    Iya. Keberuntungan itu karena ada persiapan dan kesempatan…
    Seandainy bisa kayak anak2 itu, bs beljr ke luar negeri… -_-
    Punya ksemptn yng udah dipersiapkan… Hehhe…

    Oh, iya mba. Salam kenal yah dari Buton

    Reply
    • 3. yeniunique  |  February 19, 2011 at 11:16 pm

      Hi Nining,
      Maaf baru cek blog lagi. So many things happened in the last few months, bikin ga aktif blogging😦
      Iya, sayang kesempatan yg ada kadang ga dipergunakan dg sebaik-baiknya. Coba kalo dikasi ke kita ya? Hehehe

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories


%d bloggers like this: