Katak Dalam Tempurung

July 2, 2009 at 5:57 am Leave a comment

Hari ini aku iseng-iseng berkunjung ke blog pribadi Dewi Lestari alias Dee, si pengarang Supernova dan beberapa buku lainnya. Gara-garanya habis baca postingan temenku Gita tentang blog-blog yang sering dia kunjungi, dan salah satunya adalah blog-nya si Dee. Bahkan ni blog ada di blogroll-nya doi.

Nah, dari niat sekedar pengen tau seperti apa sih blog Dee yang terkenal itu? Berbuntut dengan menghabiskan waktu hampir 2 jam membaca tulisan-tulisan doi. Rata-rata isi tulisannya membuatku terkagum-kagum, manggut-manggut setuju, bahkan kadang terperangah oleh pemikiran-pemikirannya yang tidak biasa. Tulisan-tulisannya mengalir…menarik..menyentuh…dan memaksa mata untuk terus mengikuti sampai akhir. Dee memang cool, aku juga dulu sempat tergila-gila membaca novel perdananya dia yang berjudul Supernova: Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh dan tidak sabar menunggu novel kedua yg berjudul Akar. Sesudah itu, berhubung kemudian aku terdampar di belantara Papua dengan akses internet dan akses ke toko buku yang amat terbatas (plus lama-lama kena penyakit malas membaca…karena sebenarnya kalau mau mengubek-ubek perpus mungkin ada juga buku-bukunya Dee di situ), karya-karya Dee selanjutnya tidak aku ikuti.

Beberapa waktu lalu, adikku sempat bikin blog yang isinya lebih banyak tentang kelakuan krucil-nya (si Kevin – anak pertama), dan selain mempromosikan blog-nya dia juga bilang “Coba deh kakak baca blog-nya Dewi Lestari…menarik banget”.  Sayang beribu sayang, karena tinggal di remote area dengan segala keterbatasannya, termasuk internet, gak pernah tuh kesampaian untuk berkunjung ke blog-nya Dewi Lestari. Untungnya (hihihi…gw Indonesia banget yach…apa2 serba untung :-p) sejak Desember 2008 lalu aku bisa akses internet lebih leluasa dengan cara berlangganan telkomflash; walaupun leletnya luar biasa ngalahin keong karena seringkali speed-nya cuman 53.6 kbps (bayangkan!), setidaknya itu membuat ruang jelajahku di dunia maya semakin terbuka…termasuk akhirnya bisa join facebook yg memungkinkan aku bisa kontak lagi dengan teman-teman lama. Dan sejak tanggal 30 Juni 2009 kemarin aku resmi punya blog pribadi berkat kebaikan hati si Gita yang membuatkan blog buat aku (mungkin dia kasian kali ya… ni anak terbelakang banget sih, blog aja gak punya, hihihihi…), akhirnya aku juga mulai tertarik dan tergelitik untuk masuk ke dunia per-blog-an. Gak ada niat muluk-muluk seperti biar bisa menulis kayak Dee…gak lah… cuman sekedar biar ada media buat corat-coret.

Di blog-nya Dee ada komentar, yang kurang lebih tentang banyak orang menulis blog yang isinya lebih berupa diary-ish gitu deh… Dan untuk tahap-tahap awal memang itulah yang akan lebih banyak aku tulis di blog-ku. Namanya juga belajar…

Habis berkunjung ke blog-nya Dee, aku juga sekilas berkunjung ke beberapa blog lain yang juga tak kalah menariknya. Paling gak ada beberapa pelajaran yang bisa dipetik juga dari tulisan para bloggers itu.

Kemudian aku merenung…beberapa tahun belakangan ini aku kok seperti katak dalam tempurung banget ya? Ketinggalan banyak sekali informasi dan kemajuan teknologi. Mungkin sudah hampir tiba waktunya untuk ‘turun gunung’ dan kembali ke peradaban normal. Membebaskan diri dari kepompong kenyamanan makan gaji di perusahaan besar (tapi tinggal di lokasi terpencil) serta membuka diri terhadap kemajuan informasi dan teknologi di luar sana…

Kapan ya baru berani turun gunung?

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

My Love-Hate Relationship with Gym Mango–Banana Smoothie

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories


