My Love-Hate Relationship with Gym

July 1, 2009 at 10:18 am 2 comments

“I have a love-hate relationship with gym…”

Kalimat itu pernah aku baca atau dengar di entah majalah atau tv. Lupa deh dimana. Pokoknya ada seorang artis hollywood yang bilang begitu.

Kayaknya kalimat itu cocok juga buat aku…makanya aku jadiin judul postingan malam ini.

Yang namanya nge-gym itu…kadang rajiinnn…banget sampai hampir tiap hari nongol, kadang ya berbulan-bulan gak muncul di gym…sampai-sampai sekalinya nongol di gym, pelatihnya yg juga temenku, komentar…”tumben nge-gym lagi?”, hihihihi…

Awal kecintaanku dengan gym sebenarnya dimulai sekitar pertengahan tahun 2004, ketika aku menyadari bobot sudah melonjak sekitar 6 kilo dari bobot awal sebelum bekerja di Papua. Normal sih…bekerja di daerah dingin, bawaannya ngemil terus…ga heran kalau bobot naik. Waktu itu wajah udah mulai keliatan chubby. Mulanya sih santai aja karena orang-orang banyak yang bilang…”ah, gak apa2…belom terlalu gemuk kok!”. Mulai resah waktu cuti dan mampir ke tempat adikku di Jogja dan dikomentarin “Kok kakak gemukan ya?”. Waa…jadi berasa sensi deh. Ditambah lagi baju-baju yang dibawa ke Papua banyak yang mulai sempit… dimulailah niat nge-gym.

Sebelum ke gym buat pertama kalinya, sibuk tanya sana-sini, termasuk minta program latihan dari pelatih gym-nya. Cieee…gaya sekaleee! Tapi nge-gym-nya gak bertahan lama. Begitu bobot udah mulai turun, brenti juga latihannya.

Tahun 2004 akhir, putus sama pacar. Selain broken-hearted, ada efek positifnya… gw jadi berniat membuktikan sama mantan..walaupun putus cinta juga gw tetap hepi dan hidup sehat. Jadi gw lumayan rajin nge-gym. Cuman gak setiap hari sih…paling seminggu 2 kali gitu deh…

Tahun 2005 – 2006 masa-masanya gw cinta berat sama gym. Waktu itu kebetulan pula Senin – Kamis jam kerja mulai dari pkl. 11.30 siang ampe 09.00 malem karena ditugasin buat mengajar kelas-kelas malam (kelas Bhs. Inggris dan Bhs. Indonesia kalau ada yg penasaran kelas apa yang diajar malam2, hehehehe…). Jadi, paginya aku sempat nge-gym paling gak 2 jam sebelum berangkat kerja. Gak tanggung-tanggung, aku ikut aerobic tiap Senin & Rabu (kadang Jumat juga), dan ikut Pilates tiap Selasa & Kamis. Kadang-kadang kalau ga ada kegiatan lain, Sabtu juga menyempatkan diri ke gym barang sebentar. Pokoknya saat itu bener-bener “I Love You my Gym” deh…

Pernah juga mencoba ikut yoga…yang berbuntut malu sendiri. Ceritanya pas aku asyik latihan beban, ada ibu-ibu expat (namanya Leslie Drake) yang lewat bawa matras yoga gitu. Dengan pede-nya aku samperin aja dan nanya boleh join gak. Mrs. Leslie bilang join aja… Ya udah aku join. Dan Mrs. Leslie pelatihnya hari itu. Ternyata yoga wasn’t for me…at least at that time. Yoga menuntut gerakan-gerakan yang lentur…sementara aku gak lentur banget. Trus juga udah kecapean karena udah latian beban sebelum ikut yoga. Di akhir sesi adalah sesi relaksasi, dengan posisi tidur telentang dan mata terpejam. Dan guess what…?? Aku ketiduran beneran! Baru terbangun waktu Mrs. Leslie menggoyang-goyang kaki gw dan bilang kalau sesi yoga hari itu udah selesai. Whoaaa…maluuuuu…. Jadilah itu sesi pertama dan sesi terakhir diriku ikut yoga.

Anyway…tahun 2007 mulai roster 6:2 yang artinya 6 minggu kerja dan 2 minggu cuti. Itulah awal diriku mulai gak rutin ke gym. Ditambah lagi pertengahan 2007 mulai persiapan wedding trus kerja kembali ke jam normal (7 pagi – 5 sore)… jadi banyak excuses untuk gak nge-gym.

Habis merit awal tahun 2008, semakin menjadi-jadi. Rasanya kalau pulang kantor lebih betah di rumah aja…ngobrol sama suami atau nonton tv (belakangan juga keasyikan facebook-an, hahahaha…). Lama-lama kok otot-otot jadi kendor semua? Suami suka dengan semena-mena memanggilku dengan nama kesayangan ‘spongy’ yang sama sekali gak enak di telinga…soalnya kata dia otot2ku udah banyak yang bermetamorfosis jadi kayak spons. Sialan!

Hari Senin kemaren, pulang kerja ngajak Enda, sohib gue, untuk ke gym. Tumben si Enda mau. Udah deh…langsung semangat gitu nge-gym-nya. Selesai di crosstrainer selama 35 menit, lanjut dg sit up, latihan beban, latihan buat pinggang, dll dst… semangat 45 deh pokoknya… Abis latian, janjian sama Enda untuk nge-gym lagi hari Selasa besoknya. Dengan catatan, kita pengen abis pulang kerja langsung ke gym…jadi berangkat kerja paginya udah dengan membawa-bawa bekal baju & sepatu olahraga gitu… Kemarin sore mission accomplished. Berhasil nge-gym sekitar 1.5 jam gitu. Berasa bangga gitu dehh..

Hari ini sebenarnya janjian lagi mau langsung ke gym abis pulang kerja, dan udah bawa2 baju olahraga juga… Begitu mendekati jam pulang kantor, duhh…kok pinggang rasanya pegel2 ya? Akhirnya gw bilang ke Enda kalau malam ini mau istirahat dulu nge-gym-nya dengan alasan pinggang pegel. Trus telpon suami, minta samperin ke kantor pas dia pulang kerja karena gw gak jadi olahraga. Langsung deh diledekin sama suami…”Lah, katanya mau nge-gym… kok gak jadi?”. Gw ngeles dengan bilang kalo abis “two days in a row exercising, I need some rest.” Hahahaha… alasan banget!

I love gym…but I sometimes hate it too!

Besok rencananya mau latihan lagi. Janjian sama Enda lagi. Berharap tetap semangat dan gak menggagalkan rencana sendiri.

Ciayoo Niq…!!!

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Terjebak di Lingkaran Rutinitas Katak Dalam Tempurung

2 Comments Add your own

  • 1. maggie  |  July 2, 2009 at 1:46 am

    Huhaaha….semangat yach Niq!!! Jangan absen lagi..hihihi…

    Reply
    • 2. yeniunique  |  July 2, 2009 at 10:36 pm

      Iya Git…
      Harus semangatttt!!!
      Semalem gak batal kok nge-gym-nya…

      Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories


